Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1/3 dan Manfaatnya

Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh Anda dan sangat populer untuk menghitung usia kehamilan asdalah dengan rumus 4 1/3. Cara perhitungan yang dilkakukan sangatlah mudah. Berikut rumus menghitung usia kehamilan 4 1/3 dan manfaat yang diperoleh dengan pakai rumus tersebut.

  1. Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus 4 1/3

Penentuan umur atau usia kehamilan sangatlah penting dilakukan untuk memperkirakan bayi tersebut diperkirakan akan melakukan persalinan. Umur kehamilan dapat ditentukan dengan menggunakan rumus 4 1/3 yakni Umur kehamilan = (waktu sekarang – HPHT) x 4 1/3). Waktu sekarang merupakan tanggal, bula dan tahun pada saat Anda melakukan hitungan.

HPHT merupakan hari pertama haid terakhir yang sebelumnya dinyatakan positif hamil. Sedangkan, 4 1/3 merupakan rumus baku konversi bulan ke minggu yang berarti 1 bulan terdiri dari 4 1/3 minggu. Sehingga bila hitungan bulan dikalikan dengan 4 1/3 maka akan mendapatkan hasil sekian minggu.

Sebagai contoh, bila Anda akan melakukan penghitungan usia kehamilan dengan tanggal saat mulai penghitungan tersebut adalah pada tanggal 17 November 2019. Sedangkan HPHT atau haid terkahir yang dimiliki oleh Anda adalah pada tanggal 10 sampai 15 Mei 2019. Maka untuk menghitung usia kehamilan menggunakan rumus seprti di atas.

Berdasarkan data tersebut, cara hitung untuk waktu sekarang adalah = 17 November 2019 (17-11-2017). Sedangkan HPHT atau haid terakhir yang dimiliki oleh Anda adalah pada tanggal 10 sampai 15 Mei 2019, maka HPHTnya adalah 10 Mei 2019 (10-5-2019).

Dari hal tersebut kemudian usia kehamilan = ((hari-hari), (bulan-bulan), (tahun-tahun)) x 4 1/3. Maka akan didapat usia kehamilan = (17-100, (11-5) (Tahun dihilangkan saja) x 4 1/3. Hasil dari perhitungan tersebut adalah 27 Minggu.

Itu berarti usia kehamilan yang dimiliki oleh Anda adalah sekitar 27 Minggu. Anda dapat memparktikkan cara ini di rumah dengan langkah-kangh sesuai di atas. Bila mengalami kesulitan dapat dilakukan penghitungan bersama dengan suami atau keluraga Anda.

  1. Manfaat Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus Tersebut

Manfaat yang dapat diperoleh untuk Anda dengan menggunakan rumus menghitung usia kehamilan 4 1/3 antara lain dapat memonitor tumbuh kembang dari janin secara lebih akurat setiap minggunya. Selain itu manfaat yang lainnya adalah dapat mennetukan pemeriksaan lanjutan atau tidakan ,medis tertentu pada dokter kandungan maupun bidan.

Bagi Anda ibu hamil juga dapat menyiapkan fisik, mental dan finasial untuk menyambut kelahiran sang buah hati dengan persiapan yang lebih tertata. Selain itu dapat juga digunakan sebagai cara pemilihan yang tepat untuk proses kelahiran nantinya

Itulah cara untuk menggunakan rumus menghitung usia kehamilan 4 1/3 berserta manfaat yang dimilikinya. Perhitungan yang tepat akan membuat kondisi dari sang ibu maupun buah hati dapat terjaga. Selain itu, hal penting yang dapat dilakukan untuk Anda adalah dengan gaya hidup sehat. Anda dapat mengetahui gaya hidup sehat ibu hamil tersebut di orami.co.id.